Empat Cara Mempertajam Daya Ingat

Sering lupa, adalah hal yang banyak diremehkan orang banyak. Padahal, intensitas lupa yang berlebihan bisa jadi tanda gejala demensia atau kepikunan, yang juga berpotensi alzheimer yang membahayakan.

Untuk itu, perbaikan fungsi otak, terutama pada bagian memori atau daya ingat sangat diperlukan. Bagaimana caranya? Berikut informasinya menurut laman Huffington Post.

Kopi

Anda mungkin sudah mengetahui beberapa fakta mengenai kopi, yakni sebagai minuman yang mengandung antioksidan, yang baik untuk menjaga energi dan fokus dalam beraktivitas. Namun, tahukah Anda, kopi juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin memertajam daya ingat.

Sebab, kandungan kafein dalam kopi, terbukti dapat membuat kerja dan fungsi otak membaik. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian di Johns Hopkins University, yang dipimpin oleh Michael Yassa.

Michael dan timnya membuktikan bahwa kafein pada kopi, dapat merangsang produksi hormon norephinophrine, yang dapat memerbaiki sistim dan daya ingat yang dimiliki seseorang.

Bercinta
Apa cara menyenangkan untuk menjaga kesehatan? Seks, tentunya. Selain mencegah beberapa penyakit seperti diabetes dan gangguan jantung, seks juga bisa menjadi cara untuk memertajam daya ingat otak Anda.

Hal ini dikemukakan oleh tim peneliti di University of Maryland, yang menyatakan bahwa seks dengan intensitas yang sering, bisa meningkatkan fungsi otak, yakni pada bagian hippocampus, yang mengatur daya ingat dalam otak.

Dengan seks yang rutin, bagian hippocampus pada otak, diperbaiki dengan kebaikan neurogenesis, yang membuat memori lebih mudah diproses oleh otak. Menakjubkan, bukan?

Aktif bergerak

Menjaga kesehatan otak, terutama pada daya ingat, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan banyak melakukan aktivitas yang aktif. Dengan hidup yang aktif, dan tubuh yang banyak bergerak, maka sirkulasi darah ke otak bisa memperbaiki kinerja dan fungsi otak Anda.

Hidup aktif dan banyak bergerak, adalah hal yang seharusnya dijalani, khususnya para lansia, yang mengalami penurunan fungsi organ tubuh, salah satunya otak. Tak perlu yang rumit, cukup dengan berjalan santai atau bersepeda, Anda sudah bisa menjaga kesehatan tubuh dan otak Anda.

Jam tidur seimbang

Selain pola makan dan pola olahraga, pola tidur juga sangatlah penting dan harus dijaga, untuk memperbaiki daya ingat Anda. Dengan jam tidur yang cukup, fungsi otak akan semakin baik, khususnya pada jumlah sel-sel otak yang semakin banyak dengan tidur yang cukup. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, usahakan untuk tidur dalam keadaan gelap, agar sel otak lebih baik, dan istirahat lebih optimal.

0 komentar:

Post a Comment